Senin, 13 Juni 2011

Ada Apa Dengan Foto Nazaruddin

Ada banyak foto Nazaruddin dengan berbagai pose dan moment yang kerap dipublikasikan media sebagai illustrasi beritanya. Meskipun foto itu biasa tapi sepertinya tersirat menceritakan keadaan Nazaruddin dengan segala masalah dan komplikasinya akhir-akhir ini. 
Daripada ikut-ikutan kasus Nazaruddin yang tak begitu jelas ujung pangkalnya, mendingan bermain-main dengan fotonya. Anggaplah zizylain dari berita-berita yang pernah dipublikasikan seputar kasus kasusnya.

Foto ini seakan menggambarkan Nazaruddin sebagai tokoh besar dan terkenal (terkenal dalam status sosial, ekonomi dan politik) setidaknya hampir lebih besar dari setengah ukuran foto itu.
Tampak berani dengan sorot mata tajam menatap ke depan agak sedikit ke atas seakan menantang (mungkin menantang atasannya) Setidaknya menatap para wartawan ataukah blitz kamera.
Mulutnya terbuka, mengisyaratkan sedang berbicara ceplas-ceplos engtah apa yang dibicarakan itu benar atau hoax. Yang jelas banyak  yang menyukai dan diuntungkan pembicaraan itu, tapi banyak pula yang tidak menyukai omongan Nazaruddin itu sehingga merasa perlu dibungkam kalau perlu  lidahnya dipotong, meskipun itu hanya banyangan mikropon di depannya tapi sekilas seperti sebilah pedang terhunus.
Bagian kanan foto digambarkan sosok terborgol tapi siapa?. Latar belakangnya tidak jelas siapa dibalik terborgol itu, pelaku utamaka atau orang dikorbankankah. Yang pasti siapa yang berbuat harus berani bertanggungjawab, bukan lempar batu sembunyi tangan ke belakang
Tangan terborgol dengan jari-jari menyatu berarti ada konsolidari dibelakang yang terlibat atau kemungkinan terlibat. Mereka bekerja sama supaya tidak terjadi apa-apa pada sosok terborgol itu, tapi sayangnya, jari-jari  itupun tidak begitu rapat alias renggang berarti deal-deal belum tercapai diantara mereka ada tarik-menarik kepentingan. Serba salah apalagi sudah terlanjur heboh di beberapa media. 

Gambar Nazaruddin setengah memenuhi foto ini. Tetap menunjukkan orang besar. Tersenyum lebar seakan tidak ada beban. latar belakang hitam  menunjukkan masa lalu yang kelam seperti pers mengatakan kalau Nazaruddin itu pernah terlibat beberapa kasus engtah benar atau fitnah ataukah mungkin diperalat. Sosok-sosok di belakang Nazaruddin dalam foto itu mungkin berarti banyak orang lain dibelakang Nazaruddin yang terlibat pula.
Di belakang gambar Nazaruddin ada dua simbol khas terkenal yaitu padi  kapas melingkari garuda yang sering dipakai seseorang menunjukkan pejabat negara. Pejabat negara sekarang utamanya parlemen banyak terlibat kasus memalukan. Dan simbol kedua adalah bendera PD. Kedua simbol itu harus memisahkan diri dari Sosok Nazaruddin, kalau tidak akan menimbulkan spekulasi sebagai spirit becking anggotanya walau benar-benar berbuat salah. 
Bagi PD itu suatu dilema besar, tetap bersama Nazaruddin berarti partai itu secara organisatoris disakitkan, selayaknya yang sakit perlu diamputasi, tapi resikonya Nazaruddin seperti ayam jantan yang akan terus berkokok sampai jam 20 lewat 14

Foto ini menunjukkan sosok masih berani dan santai. Gambar tangan seakan mau menangkap, tapi yang mau ditangkap mengatakan:" tangkaplah kalau bisa. Aku jauh di Singapura sedangkan kalian di Indonesia dan beraninya kalau dekat wartawan (tangan itu tampak besar karena dekat kamera wartawan).  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar