Sabtu, 06 Agustus 2011

Monalisa tetap misteri

Kabarnya, awal lukisan Monalisa karya Leonardo Davinci menjadi misteri adalah proses pembuatannya sampai 16 tahun dan disembunyikan sampai akhir hayat pelukisnya.

Banyak orang meyakini engtah siapa yang memolerkannya kalau lukisan Monalisa itu adalah Lisa Gerardini, isteri seorang pengusaha kaya raya bernama Francesco Del Giocondo, tapi kini keyakinan berkembang.
Adalah Silvano Vincenti, salah seorang peneliti lukisan asal Italia menyimpulkan dari hasil penelitiannya bahwa model lukisan Leonardo itu adalah sebetulnya pria. Dia meyakini lukisan Monalisa itu diilhami oleh Gian Giacomo Capretty yang telah lama menjadi pelayan pekerjaan sang Maestro. Menurut kesimpulan dari beberapa penelitiannya ada beberapa bagian dari lukisan yang berbeda Leonardo Davinci mempunyai persamaan. lebih langjut mengatakan kalau modelnya itu mempunyai julukan Salai yang berarti Setan Kecil.

Yang lain menyimpulkan bahwa lukisan Monalisa adalah bayangan diri Leonardo Davinci sendiri. Perwujudan dari Janus, dewa hemaprodit, yaitu maskulin disebelah kanan dan sisi feminim disebelah kiri sehingga menghasilkan senyum yang tetap misteri sampai 500 tahun.


Analis lain menyatakan kalau Monalisa sebenarnya adalah istri Leonardo sendiri setidaknya selingkuhannya yang kemudian memutuskan menjadi biarawati. Mungkinkah  ini sebagai petunjuk sehingga penggalian dibawah biara santa ursula dipercaya sebagai Makam Monalisa yang misterius itu. Dan sampai kini belum ada kabar dari hasil penggalian dan tulang belulang yang ditemukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar